Saturday, October 30, 2010

Lagu Daerah Indonesia Berkumandang Di Jerman


Di sebuah tempat di sudut kota Berlin, Jerman, sayup-sayup lagu ‘Yamko Rambe Yamko” terdengar merdu, dinyanyikan lantang oleh sekelompok muda mudi. Untuk siapakah mereka bernyanyi?
Muda-mudi yang tergabung dalam Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) itu tampil di hadapan sekitar 250 penonton di acara Konser Budaya Indonesia bertema “A Night of Thousand Enchantments” yang digelar di Museum Ethnology, Berlin, Jerman pada hari kamis (28/10) lalu. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah duta besar dari berbagai negara, para akademisi, media, bahkan pejabat pemerintah setempat.
Menurut kesaksian Konselor Kedutaan Besar Indonesia untuk Berlin, Agus Priono, penonton yang memadati acara tersebut tidak beranjak dari kursinya hingga acara selesai.
Bahkan, Priono menuturkan, para penonton acara tersebut terus meneriakkan kata “Zu gabe!” yang artinya kurang lebih meminta tambahan penampilan.
Penonton seakan dibawa berkeliling menikmati keindahan keberagaman budaya negeri zamrud khatulistiwa bernama Indonesia ketika lagu-lagu daerah Indonesia mengalun sambung menyambung dari paduan suara tersebut, di antaranya adalah lagu Soleram (Riau), Luk Luk Bambu (Banyuwangi), O Inani Keke (Sulawesi utara), dan Yamko Rambe Yamko (Papua).
Paduan Suara Unpad juga memukau dengan gerakan mereka yang kompak, rancak menari saman dsembari bernyanyi, dan berkolaborasi dengan sejumlah alat musik tradisional Indonesia seperti gamelan dan angklung di beberapa lagu. Tak hanya itu, para pihak dubes dan kedubes pun turut berinteraksi dengan paduan suara tersebut dengan turut bermain angklung dalam acara tersebut.
Acara tersebut sekaligus merupakan pemanasan bagi tim Paduan Suara Unpad untuk berlaga dalam kancah kompetisi paduan suara internasonal “24th Praga Cantat” di kota Praha, Ceko pada tanggal 29 Oktober hingga 1 November mendatang. Kompetisi tersebut rencananya akan diikuti oleh paduan suara dari berbagai negara di dunia.
Dubes RI untuk Jerman, Eddy Pratomo, mengaku merasa bangga dengan penampilan Padua Suara Mahasiswa Unpad, dan mengatakan hal ini termasuk dalam kegiatan diplomasi budaya yang positif yang dapat membantu mempererat hubungan negara Jerman dan Indonesia.
Ayo PSM Unpad! Tunjukkan merdunya lagu-lagu daerah kita di kancah internasional dengan merdu suara kalian! Semoga kalian mampu mengharumkan nama bangsa di mata dunia

Sumber : http://www.ootnews.co.cc/2010/10/yamko-rambe-yamko-berkumandang-di.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment